Blogger news

Sabtu, 29 September 2012

5 Mesjid Tertua di Indonesia


Sebagai negara dengan penduduk pemeluk Islam terbesar di dunia, sudah pasti Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah tentang perjalanan Islam. Salah satunya tentu saja peninggalan sejarah tentang mesjid yang ada. Dari peninggalan mesjid tersebut tidak sedikit yang usianya ratusan tahun dan masih berdiri kokoh. Berikut mesjid-mesjid tua yang ada di Indonesia:

1.    Mesjid Saka Tunggal ( Didirikan 1288)
Mesjid ini berada di Kota Purwokerto Jawa Tengah, tepatnya di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon. Penamaan Saka Tunggal berdasarkan hanya satu pilar yang di bagun mesjid ini yang melambangkan keesaan Allah SWT, seperti tertulis dalam pilar utama (Guru Saka). Sejarah berdirinya Mesjid Saka Tunggal ditulis para pendiri mesjid seperti Kyai Mustolih. Sayangnya sejarah yang telah dibukukan sudah hilang.

Gerbang Mesjid Saka Tunggal (Sumber: photobucket.com)

Mesjid Saka Tunggal (Sumber: ggpht.com)

2.    Mesjid Wapauwe (Didirikan 1414)
Merupakan mesjid tertua di Maluku. Kekokohan mesjid yang hingga kini masih terawat dengan baik menjadi saksi sejarah perjalanan Islam di Maluku. Pada awalnya mesjid ini bernama Mesjid Wawane karena dibangun di lereng Gunung Wawane oleh Pernada Jamilu keturunan kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kiee Raha (Maluku Utara). Peninggalan sejarah lainnya adalah tersimpan dengan baiknya Mushaf Alquran tertua di Indonesia. Mushaf Imam Muhammad Arikulapessy ditulis dengan tangan pada tahun 1550 tanpa iluminasi (hiasan pinggir). Mushaf lainnya adalah Mushaf Nur Cahya ditulis pada 1590 juga tanpa iluminasi  dengan menggunaan kertas produk Eropa.

Gerbang Mesjid Wapauwe (Sumber: melayuonline.com)

Mesjid Wapauwe (Sumber:blogspot.com)

3.    Mesjid Ampel (Didirikan 1421)
Berdiri di dekat kompleks Makam Sunan Ampel di Kota Surabaya, Jawa Timur. Sesuai dengan namanya, Mesjid ini didirikan Sunan Ampel dengan arsitektur Arab dan Tiongkok yang memang saat itu sebagian besar padagang datang dari dua Negara itu. Saat ini Mesjid dan Kompleks Sunan Ampel menjadi salah satu tujuan wisata religi.

Mesjid Ampel (Sumber: blogspot.com)

4.    Mesjid Agung Demak (Didirikan 1474)
Mesjid ini didirkan di Desa Kauman Demak Jawa Tengah. Mesjid ini dipercaya merupakan tempat berkumpulnya para penyebar Agama Islam atau para wali di Nusantara. Dari sejarah yang tercatat pendiri mesjid ini adalah raja pertama Kesultanan Demak, yaitu Raden Patah sekitar abad ke-15 Masehi. Mesjid ini bangunan induk yang memiliki empat tiang utama yang terbuat dari serpihan kayu. Sedangkan bangunan serambu merupakan bangunan terbuka dengan atap berbentuk limas ditopang delapan tiang kokoh. Di dalam kompleks Mesjid Agung Demak terdapat makam raja-raja Kesultanan Demak dan museum yang mencatat sejarah berdirinya Mesjid Agung Demak.

Mesjid Agung Demak (Sumber: blogspot.com)

Mesjid Agung Demak (Sumber: indonesiakuno.com)

5.    Mesjid Sultan Suriansyah  (Didirikan 1526)
Mesjid ini merupakan yang tertua di Kalimantan Selatan. Didirikan Raja Banjar pertama yang memeluk Agama Islam, Tuan Guru pada 1526-1550. Arsitektur mesjid bergaya Banjar dengan cirri khas atap tumpang tindih. Mesjid berdiri kokoh di tepi sungai di Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin. (**)

Mesjid Sultan Suriansyah (Sumber: wisatamelayu.com)

Interior Mesjid Sultan Suriansyah(Sumber: wordpress.com)

Sumber: Wikipedia.org, uniknya.com, Agustus 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar